EN
ID
  • BUKA: 24 Jam Fast Respon
  • BUKA: 24 Jam Fast Respon
  • Status Order
  • Tlp: +6281222886456
  • SMS/WA: +6285293988885
  • Line : pusakadunia
  • BBM : PUSAKA
  • Telegram: pusakadunia
  • admin@pusakadunia.com

Memilih Keris Pusaka

Memilih Keris Pusaka.
DASAR MEMILIH DAN MENILAI KERIS PUSAKA.
Keris Indonesia merupakan karya agung warisan kerajaan masa silam, Tanggal 25 November 2005 Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa “UNESCO” telah mengukuhkan keris Indonesia sebagai karya agung warisan budaya milik seluruh bangsa di dunia.
Keris merupakan bertuah karya seni warisan budaya bangsa yang mengandung nilai pesan keluhuran dan budi pekerti, karena itu Pemerintah telah memasukan Keris dalam Kurikulum pelajaran formal sebagai Ilmu Seni Budaya.

Dasar Wajib Memilih dan Menilai Keris.
Dapur Keris adalah Bentuk atau Nama pada sebilah Keris, Semua Keris mempunyai Dapur. Seperti Keris Dapur Nogo Sosro, Sabuk Inten, Sengkelat, dll. yang semuanya mempunyai ciri khusus, misalnya Keris Sengkelat adalah Keris Luk 13 dengan Sogokan, Kembang Kacang, Jalen dan Lambe Gajah.

Pamor Keris adalah Motif, Lukisan, Gambar berwarna putih pada sebilah keris, ada banyak jenis pamor diantaranya Pamor Wos Wutah, Udan Mas, Kulit Semongko, Junjung Derajad, Sodo Sakler, dll.

Tangguh Keris adalah perkiraan masa pembuatan atau asal mula keris itu dari kerajaan mana, Seperti Keris Tangguh Majapahit, Singosari, Pajajaran, Mataram, dll. Semuanya mempunyai ciri khas tersendiri, misalnya Tangguh Majapahit berarti keris yang dibuat jaman Kerajaan Majapahit sekitar Abad 12 – 15 dengan ciri khas pasikutan wingit, potongan bilah agak kecil ramping, ganja sebit rontal kecil luwes, sirah cecak pendek meruncing, odo-odo tajam, kesan besi hitam kebiru-biruan, padat, besi terkesan berat. Sedang Keris Tangguh Kamardikan adalah Keris yang dibuat Era Kemerdekaan hingga saat ini, dengan demikian ilmu Tangguh dibagi dua yaitu Keris Tangguh Kuno dan Keris Tangguh Kamardikan.

Tuah Yoni Keris Pusaka adalah khasiat secara spiritual sesuai harapan dan tujuan sang empu melalui ritual saat pembuatan. Tuah ada yang pamilih atau tidak pamilih, artinya Pamilih tidak semua orang cocok sedang Tidak Pamilih semua orang cocok. Contohnya Keris Dapur Tilam Upih Pamor Udan Mas, Tuahnya sangat baik bagi pedagang dan pebisnis untuk melancarkan usaha serta memudahkan jalan rejeki dan tidak pamilih.

Hati-hati!! Masih banyak orang yang menamai Dapur, Pamor dan Tangguh secara asal-asalan. Dapur, Pamor dan Tangguh tidak boleh sembarangan, semua harus sesuai pakem/ketetapan/ciri khas kerajaan kuno, sekarang ini sudah banyak Buku Pedoman Keris yang dikeluarkan Resmi oleh Dunia Perkerisan.

Mahal dan Tidaknya Mahar Keris Kuno ditinjau dari Dapur, Pamor, Tangguh, dan Keutuhan bilah. Sedang untuk Keris Kamardikan ditinjau dari Dapur, Pamor, Kwalitas Garap dan Bahan.

BACA JUGA Cara Membedakan Keris Kuno dan Keris Baru

Comments are closed.

Dapatkan Update Terbaru
Daftar newsletter