Beranda » Blog » Islam Booming di Eropah, Mualaf Perancis Menepis Paranoid

Islam Booming di Eropah, Mualaf Perancis Menepis Paranoid

Diposting pada 6 Desember 2016 oleh Pusaka Dunia / Dilihat: 229 kali

Islam Booming di Eropah, Mualaf Perancis Menepis Paranoid
Seorang gadis berkulit putih tampak sedang berbicara melalui telepon genggamnya. Wanita berwajah khas Prancis itu tak ada bedanya dengan wanita muda lain yang sedang mencicipi kopi di sebuah kafe di pinggir jalan Paris.

Mary Fallot adalah gadis berkebangsaan asli Prancis. Ia lahir dan dibesarkan di negara yang dikenal sebagai kiblat mode dunia itu. Yang berbeda, Fallot ternyata beragama Islam. Terlihat jilbab mungil menyelimuti kepala wanita yang telah memeluk Islam tiga tahun lalu itu.

Namun, fenomena berbondong-bondongnya wanita kulit putih berkebangsaan Prancis yang masuk Islam, justru menggusarkan sejumlah kalangan. ”Fenomena ini sedang booming dan itu mengkhawatirkan kami,” kata Kepala Badan Intelijen Dalam Negeri Prancis, Pascal Mailhos.

Pandangan Mailhos ini ternyata banyak penganutnya. Badan yang khusus menangani kegiatan antiteroris di negara-negara Eropa, melihat fenomena maraknya penduduk Eropa masuk Islam, membuat mereka bekerja ekstra mengawasi wanita seperti Fallot. Sebab, di mata polisi Eropa, sosok seperti Fallot merupakan figur yang berpotensi membahayakan keamanan.

Kalau sebelumnya polisi hanya perlu mengawasi kemungkinan ancaman dari orang muda berparas Timur Tengah yang memang selama ini kerap diidentikkan sebagai pelaku bom manusia, kini mereka juga harus mengawasi wanita berparas Eropa. ”Sangat mungkin bagi teroris memanfaatkan lengahnya pengawasan terhadap wanita Eropa itu,” kata Magnus Ranstrop, peneliti teroris dari Universitas Pertahanan Nasional Swedia.

Memang, ketakutan berlebihan yang tak beralasan sedang menjangkiti sebagian besar warga Eropa. Mereka khawatir cara kematian Muriel Degauque, warga Belgia yang masuk Islam, karena meledakkan dirinya dalam serangan ke tentara Amerika Serikat (AS) di Irak, akhir tahun kemarin, akan ditiru.

Bom manusia oleh Degauque ini, mereka generalisasi bahwa mualaf –sebutan bagi yang baru masuk Islam– berpotensi melakukan hal serupa. Sementara, sebagian besar dari mualaf di Prancis adalah wanita.

Bagaimana Fallot menanggapi paranoid pihak keamanan Prancis itu? Wanita muda ini menolak semua anggapan tak berdasar tersebut. Ia masuk Islam bukan karena keterpaksaan. Tak adanya penjelasan rinci atas beberapa pertanyaan mendasar dari agama yang dianut sebelumnya, membuat ia tertarik masuk Islam. ”Bagi saya, Islam menyampaikan cinta, toleransi, dan kedamaian,” katanya tulus.

Meski Fallot mengakui ada di antara mualaf yang berpola pikir radikal. Tapi, dari mereka itu yang kemudian melakukan tindakan kekerasan, bisa dihitung dengan jari. Ia menyebut seperti Richard Reid dan John Walker Lindh, warga AS yang tertangkap di Afghanistan.

Terlepas dari itu, pemeluk Islam di Eropa tumbuh bak jamur di musim penghujan setelah peristiwa ledakan World Trade Center (WTC). Meski, tidak ada peneliti yang menghitung berapa jumlah pasti penduduk Eropa yang beralih ke Islam setiap tahunnya.

Data PBB menunjukkan, jumlah penduduk Muslim Eropa meningkat 100 persen pada 1999 dibanding tahun sebelumnya, menjadi 13 juta atau dua persen dari seluruh penduduk Eropa. Sebanyak 3,2 juta di Jerman, dua juta di Inggris, 4-5 juta di Prancis, dan sisanya tersebar di negara Eropa lainnya, terutama kawasan Balkan.

Dan tak dapat disangkal, lebih banyak wanita yang masuk Islam ketimbang pria. Pandangan selama ini, wanita Eropa masuk Islam karena menikah dengan lelaki Muslim. ”Kenyataan wanita lebih banyak masuk Islam tak terbantahkan lagi,” kata Haifa Jawad, dosen di Universitas Birmingham, Inggris. Fallot sendiri hanya tertawa ketika teman-temannya mengatakan, ia masuk Islam karena kekasihnya orang Islam. ”Mereka tidak percaya kalau saya melakukannya atas kehendak sendiri,” terang Fallot.

Ia merasakan sangat dekat dengan Tuhan setelah masuk Islam. Islam itu sederhana, lebih teliti, dan mudah karena semua ajarannya telah dijelaskan secara eksplisit. Di Islam, ia menemukan suatu pola pikir hidup, aturan yang dapat diikutinya.

Alasan itu menjadi dasar bagi banyak wanita yang pindah ke Islam. ”Banyak dari wanita itu mengeluhkan atas rusaknya moral masyarakat Barat,” kata Jawad. ”Mereka merasa memiliki atas apa yang ditawarkan Islam.” Mereka juga tertarik atas pola hubungan antara pria dan wanita. ”Ada lebih banyak ruang untuk keluarga dan peran ibu dalam Islam. Dan ternyata wanita tidak menjadi objek seks belaka,” kata Karin van Nieuwkerk yang mempelajari perilaku masuk Islamnya wanita Belanda.

Sarah Joseph, pendiri majalah gaya hidup Emel, mengatakan hal senada. Ia juga menolak anggapan wanita yang masuk Islam karena tidak ingin terpengaruh gerakan feminis Barat, tak sepenuhnya benar. Prof Stefano Allievi, pengajar di Universitas Padua, Italia, mengatakan, keputusan mereka masuk Islam mempunyai arti politik. ”Islam menawarkan spiritualitas politik, ide tentang misi suci,” katanya.

Setelah memutuskan masuk Islam, mereka melaksanakan ajarannya secara bertahap. Semisal Fallot, ia merasa belum siap langsung mengenakan jilbab. Ia mengenakan pakaian yang lebih panjang dan longgar di awal keislamannya. Para mualaf ini, lebih taat dari yang terlahir dalam keadaan Islam.

Di awal keislaman seorang mualaf, menjadi momentum yang sangat sensitif. ”Mereka sangat ingin dan siap melaksanakan semua yang diajarkan,” kata Batool al-Toma, pelaksana program ‘Muslim Baru’ di Islamic Foundation Leicester, Inggris.

”Mereka ingin membuktikan sesuatu atas keyakinannya itu dengan sebuah pengorbanan,” tambah Ranstorp yang bisa jadi pengorbanan itu dalam bentuk aktivitas di luar kewajaran. Ia mencontohkan Degauque yang sebelumnya adalah pengguna narkoba, telah menjadi korban dari orang yang memanfaatkan semangat pembuktian dirinya itu.

Islam Booming di Eropah, Mualaf Perancis Menepis Paranoid

Islam Booming di Eropah, Mualaf Perancis Menepis Paranoid

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin 1
● online
Admin 2
● online
Admin 1
● online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja