+6281222886456
+6285 2939 88885
+6285 2939 88885
PUSAKA
admin@pusakadunia.com
Pusaka Dunia
Menu

( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0
Selesai Belanja

Artikel Manfaat Buah Duwet

Senin, Januari 9th 2017.

Berita Artikel Manfaat Buah Duwet

Apakah Anda pernah makan buah duwet? Ya, buah duwet adalah salah satu jenis buah yang mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 1911. Tanaman ini pada awalnya tumbuh subur di kawasan Asia Selatan dan masuk ke Indonesia dari beberapa pedagang India. Penyebaran pohon buah duwet terjadi sangat cepat karena mudah tumbuh di kawasan tropis seperti Indonesia.

Duwet memiliki bentuk buah yang terlihat seperti anggur, dengan karakter warna ungu kehitaman. Buah pada bagian batang akan berkelompok dan sangat menyenangkan untuk dipetik. Tapi sekarang buah duwet mungkin hanya ditemukan dalam jumlah yang lebih sedikit karena banyak pohon yang mulai di tebang. Di beberapa pasar tradisional buah duwet bisa ditemukan pada bulan September hingga Oktober. Tapi ternyata sekarang buah duwet banyak dicari karena terbukti bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit dan manfaat pohonnya secara keseluruhan. Konon selain mencegah kelebihan kolesterol, buah duwet atau jamblang juga ampuh sebagai obat diabetes.
Rasa buah jamblang atau duwet memiliki karakter rasa yang sangat manis dan rasa lengket yang sedikit sepat dan asam. Buah duwet akan terlihat seperti buah anggur dengan warna ungu kehitaman. Buahnya memiliki kulit yang sangat mengkilap dengan warna daging buah putih. Zat pektin yang terkandung dalam daging buah biasanya akan meninggalkan warna ungu pada lidah. Jadi buah duwet sangat enak untuk dimakan dengan berbagai kandungan nutrisi yang bisa ditemukan pada daging buah.

Duwet (Syzgium cumini) atau sering disebut juga buah jamblang mempunyai banyak varietas, dari yang kecil hingga ukuran lumayan besar. Warnanya pun beragam, ada yang keputihan, ada yang kehitaman hingga ungu. Menurut penelitian biji buah ini mengandung glukosida phytomelin. Zat ini dapat mengurangi kerapuhan pembuluh darah kapiler penyebab luka diabetes yang lama sembuhnya.
Kelebihan kolesterol di dalam darah juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah (biji dan daging buah) duwet. Kandungan alfa phytosterol, sejenis sterol yang memiliki sifat mencegah kelebihan kolesterol atau anticholesteremik. Sementara di dalam buah duwet juga banyak mengandung astringent, suatu zat yang dipercaya dapat membantu penyembuhan luka diabetes katena sifat astringent yang dapat menciutkan kulit. Tak cukup sampai di sini, serat, vitamin dan beragam mineral juga terdapat di dalam duwet. Namun sayang, orang enggan mengkonsumsi buah ini yang rasanya sepat dan kurang manis.
buah duwet ampuh kendalikan luka diabetes dan memiliki khasiat lainnya yaitu sebagai Sumber antioksidan.

Tidak banyak yang tahu, duwet memiliki khasiat kesehatan, terkait dengan aktivitas antioksidannya yang tinggi. Ini disebabkan warna (pigmen) ungu yang dikenal dengan nama antosianin. Antioksidan ini berperan penting dalam mencegah dan memerangi aneka penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner dan kanker.
Antioksidan duwet dipengaruhi oleh tahapan kematangannya. Buah mentah (berwarna hijau) memiliki aktivitas antioksidan yang rendah. Buah yang hampir masak (merah dan agak keras) punya aktivitas antioksidan sedikit lebih baik. Sedangkan buah masak (berwarna ungu) memiliki aktivitas antioksidan paling tinggi.
Oleh sebab itu, sebaiknya duwet dikonsumsi dalam keadaan sudah masak dan segar. Kalau kurang segar, aktivitas antioksidannya sudah jauh berkurang.
Manfaat Buah Duwet :

Mencegah Kelebihan Kolesterol
Kelebihan kolesterol di dalam darah juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah (biji dan daging buah) duwet. Kandungan alfa phytosterol, sejenis sterol yang memiliki sifat mencegah kelebihan kolesterol atau anticholesteremik.

Mengobati Mencret
Pengobatan untuk mencret akibat masuk angin dan udara dingin dilakukan dengan menggunakan kulit dahan jamblang. Kulit itu direbus. Airnya disaring dan diminum.

Mengatasi Diabetes
Untuk mengatasi diabetes, 15 butir biji jamblang ditumbuk halus dan direbus. Rebusan itu dibagi jadi tiga bagian untuk satu hari. Ulangi setiap hari sampai badan terasa segar. Kulit pohon jamblang bisa digunakan pula untuk diabetes. Sebanyak 250 gram kulit jamblang basah dipotong-potong, lalu direbus dengan 3 gelas air hingga jadi dua gelas. Saring airnya lalu diminum sedikit-sedikit sampai habis dalam satu hari.

Duwet Menjadi Sumber Energi Tubuh
Duwet sangat menyegarkan dengan rasa manis dan asam . Bahkan buah duwet selalu meninggalkan rasa asam dan sepat bagi lidah. Selain itu dalam setiap 100 gram buah duwet mengandung 0,132 g protein , 0,5 g lemak , dan karbohidrat 15 g. Karbohidrat dan protein bisa menjadi sumber energi yang baik karena buah duwet bisa membantu pemecahan pati menjadi zat gula. Jadi, saat cuaca panas dan Anda membutuhkan energi maka ambil saja beberapa butir buah duwet yang menyegarkan.

Duwet Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Tahukah Anda bahwa dalam 100 gram buah duwet segar mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Beberapa nutrisi tersebut adalah 16 mg kalsium, 36 mg magnesium, 16,7 mg pospor, dan 1,7 mg zat besi. Kalsium, magnesium, pospor dan zat besi adalah nutrisi yang bisa menjaga sistem kepadatan tulang dan mencegah gigi berlubang. Beberapa orang yang memiliki masalah dengan kekurangan kalsium selalu mudah terkena resiko penyakit tulang seperti radang sendi dan osteoporosis saat lanjut usia. Bagi wanita sangat disarankan untuk konsumsi buah duwet agar terhindar dari resiko penyakit kerapuhan tulang.

Duwet Mendukung Pembentukan Sel Darah Merah

Produksi sel darah merah dalam tubuh memiliki pengaruh yang sangat besar. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anemia, gangguan emosi, pola konsentrasi yang rendah dan tubuh yang lebih lemah. Konsumsi buah duwet 100 gram sehari bisa mencukupi kebutuhan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Hal ini disebabkan karena buah duwet mengandung zat besi yang mudah diterima oleh tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Siapa yang mengira bahwa dalam buah duwet yang kecil dan manis itu ternyata mengandung 23 mg sodium dan 56 mg kalium dalam setiap 100 gram. Sodium dan kalium sangat berperan untuk mengendalikan otot jantung, membantu mengatur detak jantung dan menghindari berbagai macam resiko penyakit karena serangan jantung. Jika Anda mengkonsumsi buah duwet segar secara rutin maka setidaknya Anda bisa mencukupi kebutuhan kalium dan sodium bagi tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang penuh maka Anda bisa makan buah duwet segar atau jus buah duwet yang dicampur dengan kulitnya. Rasanya yang manis dan sedikit asam akan sangat segar untuk musim panas.

Menjaga Kesehatan Mata

Anda memiliki masalah dengan kesehatan mata? Mata rabun bisa membuat aktivitas kita menjadi sangat terganggu. Namun jika Anda ingin memakai pengobatan alami maka cukup konsumsi buah duwet secara rutin setiap hari. Meskipun Anda hanya dapat menemukan buah duwet saat musimnya, namun dalam setiap 100 gram buah duwet ternyata ditemukan sekitar 81 IU vitamin A. Vitamin A terbukti sangat baik dalam mendukung kesehatan mata, meringankan resiko penyakit rabun dan mengurangi resiko kebutaan karena katarak.

Demikian Artikel Tentang Manfaat Buah Duwet, Semoga bermanfaat untuk anda.

Produk terbaru

Rp 650.000
Order Sekarang » SMS : +6285 2939 88885
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeP3244
Nama BarangKeris Singo barong Luk 9
Harga Rp 650.000
Lihat Detail
Rp 475.000
Order Sekarang » SMS : +6285 2939 88885
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeP3243
Nama BarangTasbih Kokka Berkhodam 9 Walisongo
Harga Rp 475.000
Lihat Detail
Rp 350.000
Order Sekarang » SMS : +6285 2939 88885
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeP3242
Nama BarangKhasiat Yin Yang Mustika
Harga Rp 350.000
Lihat Detail
Rp 315.000
Order Sekarang » SMS : +6285 2939 88885
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeP3241
Nama BarangMustika Angka Delapan Putih Ampuh
Harga Rp 315.000
Lihat Detail
Rp 250.000
Order Sekarang » SMS : +6285 2939 88885
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeP3240
Nama BarangLambang Mobil Raja Surakarta
Harga Rp 250.000
Lihat Detail
Rp 300.000
Order Sekarang » SMS : +6285 2939 88885
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeP3239
Nama BarangMustika Mata Raja Jin Ampuh
Harga Rp 300.000
Lihat Detail
Rp 300.000
Order Sekarang » SMS : +6285 2939 88885
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeP3238
Nama BarangMustika Luwung Khodam
Harga Rp 300.000
Lihat Detail
Rp 175.000
Order Sekarang » SMS : +6285 2939 88885
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeP3237
Nama BarangGelang Kayu Kokka Warisan Para Nabi
Harga Rp 175.000
Lihat Detail