Beranda » Blog » Apa Tujuan Hari Belanja Online Nasional

Apa Tujuan Hari Belanja Online Nasional

Diposting pada 7 Desember 2016 oleh Pusaka Dunia / Dilihat: 2.712 kali

Apa Tujuan Hari Belanja Online Nasional.
Hari Belanja Online Nasional adalah sebuah kegiatan tahunan yang dilakukan oleh berbagai e-commerce di tanah air. Agar semakin semarak, kegiatan ini biasanya juga mendapat dukungan dari berbagai pihak yang saling bekerjasama misalnya pelaku industri, perbankan, jasa logistik hingga media.
Kegiatan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tidak bisa kita lepaskan dari kegiatan Cyber Monday di negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Jepang. Sementara, Cyber Monday sendiri tidak bisa kita lepaskan dari budaya belanja Black Friday yang ada di Amerika Serikat. Jadi, pada artikel kali ini saya akan mengulas Hari Belanja Online Nasional dimulai dari kegiatan belanja terbesar di Amerika Serikat, Black Friday.

hari belanja online

Ikuti Hari Belanja Online Nasional

Bagaimana sejarah awal “Black Friday”?
Orang-orang di Amerika Serikat merayakan sebuah hari yang disebut sebagai Thanksgiving Day. Pada dasarnya, hari tersebut adalah hari untuk mensyukuri hasil panen. Perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat dimulai sekitar tahun 1700an, jatuh pada hari kamis keempat di bulan November.
Sejak tahun 1930an, satu hari setelah Thanksgiving, toko-toko di Amerika Serikat biasanya buka lebih awal bahkan kini toko-toko disana mulai buka pada tengah malam dan memberikan berbagai penawaran dan diskon, hal ini sebenarnya untuk menandakan dimulainya musim belanja untuk Hari Raya Natal.

Kenapa namanya “Black Friday”?
Kata-kata Black Friday muncul pertama kali muncul pada 1960-an, hal ini sebenarnya untuk menggambarkan keadaan dimana banyak sekali orang-orang dan kemacetan dimana-mana akibat toko-toko yang memberikan berbagai penawaran atau diskon. 20 tahun berselang, akhirnya “Black Friday” mulai populer untuk menyebut kegiatan belanja setelah Thanksgiving.
Ada pula yang menyebutkan istilah ini merujuk pada neraca perdagangan, dimana rata-rata toko mencatatkan kerugian (tinta merah) pada bulan Januari-November. Namun, ketika musim belanja Natal dan tahun baru tiba, para retailer ini akhirnya mendapat keuntungan (tinta hitam).
Tapi, sayangnya Black Friday juga punya sejarah hitam. Sejak 2006, sudah ada 7 orang yang meninggal saat Black Friday, karena berdesak-desakan dan terinjak-injak dan ratusan orang terluka dalam kegiatan ini.

Apa itu “Cyber Monday”?
Cyber Monday sebenarnya merupakan sebuah istilah yang cukup baru. Istilah ini bermula dari sebuah laporan oleh Shop.org tahun 2004 yang menyebutkan bahwa para pemilik toko online di Amerika Serikat mengalami peningkatan penjualan pada hari senin setelah Thanksgiving.
Ellen Davis adalah orang pertama yang memakai istilah Cyber Monday dalam sebuah press rilis berjudul “‘Cyber Monday Quickly Becoming One of the Biggest Online Shopping Days of the Year” yang dipublikasikan di Shop.org pada 28 November 2005.
Di Amerika Serikat sendiri, barang-barang yang paling banyak terjual saat Cyber Monday biasanya berupa pakaian maupun sepatu. Sementara, barang-barang lainnya tidak begitu banyak terjual,hal ini karena penawaran saat Black Friday biasanya lebih menggiurkan.

Bagaimana sejarah Hari Belanja Online Nasional?
Terinspirasi dari Black Friday dan Cyber Monday di Amerika Serikat itulah, pada tahun 2012, beberapa e-commerce di Indonesia mengadakan gerakan 121212, yaitu memberikan penawaran terbaik (diskon) pada para konsumennya pada tanggal 12 Desember 2012 dan menjadi perayaan Hari Belanja Online Nasional perdana di Indonesia.
Pada perayaan pertamanya ini, yang ikut serta hanya sebanyak 7 e-commerce. Namun, setiap tahun jumlahnya terus meningkat, menjadi 22 partisipan tahun 2013, lalu menjadi 78 di tahun 2014 dan tahun ini diprediksi mencapai lebih dari 130 e-commerce yang akan ikut serta dalam Harbolnas.

Fakta Menarik
Tahukah Anda bahwa di India juga terdapat hari belanja online nasionalnya sendiri yang terinspirasi dari Cyber Monday. Di India disebut sebagai “Great Online Shopping Festival”. Kegiatan tersebut dipelopori oleh Google India bersama beberapa e-commerce di negara tersebut dan dimulai pertama kali pada 12 Desember 2012, bertepatan dengan edisi perdana Hari Belanja Online Nasional di Indonesia.

Tujuan Hari Belanja Online Nasional?
Menurut Harbolnas.com, perayaan Hari Belanja Online Nasional selain berusaha memberikan penawaran terbaik bagi para konsumennya juga untuk mendorong serta mengedukasi orang-orang di Indonesia khususnya mengenai belanja online yang aman dan nyaman serta bisa dilakukan kapan saja.
Hari Belanja Online Nasional yang berlangsung selama 24 jam tentu bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan barang-barang yang diinginkan dengan harga yang jauh lebih murah. Jadi, jangan sampai kelewatan untuk berpatisipasi dalam Hari Belanja Online Nasional.

Tak Mau Ketinggalan?
Pusaka Dunia sebagai Toko Pusaka dan Benda Bertuah telah lama eksis dalam dunia online, tidak mau ketinggalan dalam memperingati Hari Online Nasional yang secara khusus diberi tema Hari Belanja Online Pusaka Dunia

hari belanja online nasional

Apa Tujuan Hari Belanja Online Nasional

Apa Tujuan Hari Belanja Online Nasional

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin 1
● online
Admin 2
● online
Admin 1
● online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja