Beranda » Blog » Pulung Mataram Tinggalkan Yogya

Pulung Mataram Tinggalkan Yogya

Diposting pada 2 Januari 2018 oleh Pusaka Dunia / Dilihat: 96 kali

Pulung Mataram Tinggalkan Yogya

Pulung Mataram Tinggalkan Yogya adalah salah satu dari sekian artikel yang kamibuat, anda juga bisa menemui artikel serupa di majalah posmo edisi 698, Mataram Kuno adalah peradaban yang merupakan akar dari munculnya kerajaan Mataram. Pada tahun 752 – 1045 peradaban ini berada di sekitar Jawa bagian tengah yang saat ini menjadi nama Yogyakarta dan Jawa Tengah. Karena adanya Bencana Mahapralaya maka dilakukan ekspansi ke Jawa bagian timur yang dipimpin oleh Mpu Sendok. Hingga dalam perjalanan waktu yang panjang, peradaban yang terkubur dalam usia yang lama bangkit dan tumbuh kembali sebagai sebuah tatanan pemerintah kerajaan Mataram.

Tatanan Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini yang masih dipimpin oleh seorang Raja tidak bisa dipisahkan dari sejarah Mataram Kuno. Silsilah kerajaan bahkan keluarga masih ada pertautan dari zaman dulu hingga sekarang. Selain itu, bukti-bukti artefak yang merupakan peninggalan dari peradaban Mataram Kuno masih menjadi reflektor atau cermin bagi kebudayaan di zaman Yogyakarta saat ini.

Pulung Mataram Tinggalkan Yogya

Dengan ditandatanganinya Perjanjian Giyanti (13 Februari 1755) antara Pangeran Mangkubumi dan VOC di bawah Gubernur-Jendral Jacob Mossel, maka Kerajaan Mataram dibagi dua. Pangeran Mangkubumi diangkat sebagai Sultan dengan gelar Sultan Hamengkubuwana I dan berkuasa atas setengah daerah Kerajaan Mataram. Sementara itu Sunan Pakubuwana III tetap berkuasa atas setengah daerah lainnya dengan nama baru Kasunanan Surakarta dan daerah pesisir tetap dikuasai VOC.

Sultan Hamengkubuwana I kemudian segera membuat ibukota kerajaan beserta istananya yang baru dengan membuka daerah baru (jawa: babat alas) di Hutan Paberingan yang terletak antara aliran Sungai Winongo dan Sungai Code. Ibukota berikut istananya tersebut tersebut dinamakan Ngayogyakarta Hadiningrat

Pulung Mataram Tinggalkan Yogya

Pulung Mataram Tinggalkan Yogya

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin 1
● online
Admin 2
● online
Admin 1
● online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja