Beranda » Blog » Menggugat Sejarah Kebangkitan Nasional

Menggugat Sejarah Kebangkitan Nasional

Diposting pada 24 Januari 2018 oleh Pusaka Dunia / Dilihat: 336 kali

Menggugat Sejarah Kebangkitan Nasional 

Menggugat Sejarah Kebangkitan Nasional adalah salah satu artikel dari sekian banyak artikel yang kami buat, anda juga bisa menemukan artikel yang serupa di majalah posmos edisi 729.

SI adalah Salah satu ormas Islam tertua di Indonesia, Syarikat Islam (SI) menggugat sejarah awal pergerakan Indonesia. SI mengkritik penetapan hari kebangkitan nasional yang diperingati setiap 20 Mei bukan berdasarkan fakta sejarah.Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Syarikat Islam, Rahardjo Tjakraningrat mengatakan, jika melihat fakta sejarah, SI hadir lebih awal ketimbang kelahiran Boedi Oetomo yang saat ini diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. SI hadir pada 1905 pada waktu itu bernama Syarikat Dagang Islam, sedangkan Boedi Oetomo 1908. Selain itu SI merupakan organisasi pribumi yang berjuang melawan penjajah. Sedangkan Boedi Oetomo hanya terdiri dari kaum priyayi Jawa yang kompromi dengan kolonial saat itu,” ujarnya pada perayaan Milad SI ke 108 di Jakarta.

Menggugat Sejarah Kebangkitan Nasional

Menggugat Sejarah Kebangkitan Nasional

Pada sejarah awal berdirinya, SI atau Syarikat Dagang Islam sudah menjadi organisasi politik. Terdiri dari beberapa pedagang pribumi yang kemudian berkembang menjadi perjuangan melawan penjajah pada saat itu. Rahardjo mengingatkan Haji Samanhudi sebagai pendiri saat itu berjuang meningkatkan kesejahteraan pedagang pribumi yang dirugikan atas kebijakan kolonial. Perjuangan ini kemudian menyebar ke seluruh pelosok nusantara.

“Perlu diingat dari SI ini lahir tokoh besar perjuangan Indonesia, seperti HOS Cokroaminoto yang kemudian memunculkan berbagai aliran perjuangan bangsa Indonesia, Sukarno yang nasionalis, Semaun dan Muso yang komunis dan Kartosuwiryo yang Islamis,” Ia melanjutkan, kiprah ini jauh bila dibandingkan jasa Boedi Oetomo. Karena itu, sudah seharusnya pemerintah kembali meluruskan sejarah bangsa. Khususnya peran para pedagang pribumi di seluruh Indonesia yang telah berjuang, termasuk jasa HOS Cokroaminoto yang melahirkan tokoh revolusi sekaliber Sukarno. SI juga menggugat pelaksanaan ekonomi yang liberal dan pemerintahan yang cenderung mengarah kepada Demokrasi barat. “Kembalikan sistem politik kita yang mengenal musyawarah mufakat,”

Menggugat Sejarah Kebangkitan Nasional

Menggugat Sejarah Kebangkitan Nasional

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin 1
● online
Admin 2
● online
Admin 1
● online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja