Beranda » Blog » Kecantikan Warangka Keris Bugis Lapis Emas Putih

Kecantikan Warangka Keris Bugis Lapis Emas Putih

Diposting pada 22 Mei 2017 oleh Pusaka Dunia / Dilihat: 334 kali

Kecantikan Warangka Keris Bugis Lapis Emas Putih

Kecantikan Warangka Keris Bugis Lapis Emas Putih adalah kecantikan yang dipancarkan oleh sebuah warangka keris pusaka bugis dengan bahan kayu dan ditutup full tembaga kemudian dilapisi emas putih untuk luarnya yang semakin membuat warangka ini terkesan elegan dan sangat indah sekali.

Keris Bugis

Keris didalam masyarakat Bugis Makassar adalah merupakan satu simbol, sekaligus status kepada pemiliknya. Walaupun etnik Bugis Makassar sudah sejak lama menganut agama islam disekitar abad ke 17 dengan masuk nya Raja Tallo yang merangkap mangkubumi kerajaan Gowa yang bernama I Mallingkang Daeng Mannyori Karaeng Tumenanga ri Bontobiraeng  (Sekitar tarikh 22 september 1605 atau ketepatan dengan tarikh 9 jamadil awal 1014 h ). Yang tercatat didalam Lontara Patturioloanga ri Togoaya maupun Lontara Bilanga. Namun demikian tak boleh mengurangi penghormatan mereka terhadap keris. Hal ini dibuktikan dengan ada nya beberapa perundingan atau pun pertemuan Raja Raja Bugis Makassar yang apabila seseorang Raja tak dapat  menghadiri  majlis tersebut , maka beliau akan digantikan dengan Keris Pusaka kerajaan sebagai wakil.

Keris Memiliki Kekuatan Sakti

Pada abad ke 18 hingga abad ke 20, seorang laki laki Bugis baru dianggap  “berpakaian lengkap” apabila ia memakai senjata tajam saperti keris, badik, pedang, atau pun tombak. Hal ini terjadi sebab menurut pandangan orang Bugis Makassar, setiap jenis senjata tajam terlebih keris dan badik memiliki kekuatan sakti. Apalagi jika keris atau pun badik tersebut dibuat olih penrita yang mempunyai kesaktian. Kekuatan ini dianggap boleh mempengaruhi kondisi, keadaan dan kehidupan pemiliknya. Seumpama pemiliknya boleh memperoleh ketenangan, kedamaian, kesejahteraan dan kemakmuran, atau bahkan sebalik nya boleh mendatangkan kemelaratan, kemiskinan dan penderitaan kepada yang menyimpannya. Manakala ada ketidak cocokan antara si pembawa keris atau pun badik tersebut dengan krakter orang yang menyimpan keris atau pun badik itu.

Proses Pembuatan Keris Bugis

Proses pembuatan keris dikalangan masyarakat Bugis Makassar dilakukan olih Panrita keris. Keris tersebut dibuat didalam suasana ritual. Sebab mereka percaya jika ada keris yang dibuat tanpa proses upacara ritual, maka keris tersebut tidak mempunyai pamor, sehingga keris tersebut dianggap sama saja saperti pisau di dapur.

Fungsi Keris Bugis

Keris didalam bahasa Bugis disebut ” Gajang atau Tappi ” dan dalam bahasa Makassar disebut “Seleq”. Fungsi keris diwilayah Bugis Makassar berbeda dengan senjata tajam lain nya termasuk ” Badik “. Penikaman, pembunuhan dan tindak kekerasan lainnya dikalangan orang Bugis Makassar umumnya berkait erat dengan penggunaan badik. Badik adalah sebenarnya pisau yang bersarung bentuk nya lebih pendek daripada keris dan tidak mempunyai lok. Badik pada umum nya lebih mudah diperoleh dikalangan orang awam etnik Bugis Makassar. Sementara keris biasanya hanya dimiliki oleh orang orang tertentu saja misalnya keturunan bangsawan, kolektor keris dan Bissu.

Dikalangan orang Bugis Makassar, keris (Kawali atau pun Seleq) sebenarnya tidak dimaksudkan untuk dijadikan alat berkelahi, melukai atau pun membunuh orang, melainkan untuk kesejahteraan, perdamaian dan pembelaan diri atau keselamatan. Karena itu setiap keris mempunyai aura atau pamor. Aura atau pamor keris ini tercipta dengan sendirinya setelah keris selesai dibuat oleh seorang penrita keris. Aura atau pamor ini lah yang menentukan keampuhan atau kekuatan daya magis sebilah keris.

Berikut Ini adalah salah satu contoh warangka keris bugis yang memiliki desain yang sangat indah serta terkesan elegan sekali.

Kecantikan Warangka Keris Bugis Lapis Emas Putih

Kecantikan Warangka Keris Bugis Lapis Emas Putih

Jika anda menginginkan Keris Pusaka Dunia silahkan kunjungi Kategori Keris Kamardikan atau Keris Pusaka Kuno

Pusaka Dunia Yang paling banyak Dicari Di google antara lain keris sepuh dimaharkan, jenis keris dan pamornya, jenis keris kecil, jenis keris kuno, jenis keris dan manfaatnya, jenis pamor keris langka, keris pusaka sunan kalijaga, pamor keris dan khasiatnya, keris paling sakti di dunia.

Kecantikan Warangka Keris Bugis Lapis Emas Putih

Kecantikan Warangka Keris Bugis Lapis Emas Putih

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin 1
● online
Admin 2
● online
Admin 1
● online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja