Beranda » Blog » Keampuhan Keris Sengkelat

Keampuhan Keris Sengkelat

Diposting pada 17 Januari 2018 oleh Pusaka Dunia / Dilihat: 325 kali

Keampuhan Keris Sengkelat

Keampuhan Keris Sengkelat adalah salah satu artikel yang kami buat, anda juga bisa melihat artikel yang serupa di majalah posmo keluaran edisi 712. Mpu Supa adalah salah satu santri Sunan Ampel. Konon bahan untuk membuat Kyai Sengkelat adalah cis, sebuah besi runcing untuk menggiring onta. Konon, besi itu didapat Sunan Ampel ketika sedang bermunajat. Ketika ditanya besi itu berasal darimana, dijawab lah bahwa besi itu milik Muhammad saw. Maka diberikan lah besi itu kepada Mpu Supa untuk dibuat menjadi sebilah pedang.

Keampuhan Keris Sengkelat

Keampuhan Keris Sengkelat

Namun sang mpu merasa sayang jika besi tosan aji ini dijadikan pedang, maka dibuatlah menjadi sebilah keris luk tiga belas dan diberi nama Kyai Sengkelat. Setelah selesai, diserahkannya kepada Sunan Ampel. Sang Sunan menjadi kecewa karena tidak sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Menurutnya, keris merupakan budaya Jawa yang berbau Hindu, seharusnya besi itu dijadikan pedang yang lebih cocok dengan budaya Arab, tempat asal agama Islam. Maka oleh Sunan Ampel disarankan agar Kyai Sengkelat diserahkan kepada Prabu Brawijaya V.

Ketika Prabu Brawijaya V menerima keris tersebut, sang Prabu menjadi sangat kagum akan kehebatan keris Kyai Sengkelat. Dan akhirnya keris tersebut menjadi salah satu piyandel (maskot) kerajaan dan diberi gelar Kangjeng Kyai Ageng Puworo, mempunyai tempat khusus dalam gudang pusaka keraton.

Ciri-ciri Khas Keris Sengkelat
Keris ini memiliki ciri khas Luk-nya yang berjumlah 13. Untuk diameter panjang bilah kerisnya 34,7 cm dan jika panjang keseluruhan dari keris ini bisa mencapai 41, 7 cm, keris yang tergolong sangat panjang. Pembuatan warangkanya sendiri ialah Warangka Gayaman Yogyakarta.

Manfaat dan Khasiat Keris Sengkelat
Apabila anda mempunyai keris ini, maka anda bisa mendapatkan kelancaran jalan rezeki usaha anda, anda akan mudah sekali bergaul pada golongan manapun. Bisa menangkal aura jahat dan juga bisa digunakan untuk menjahati seseorang yang anda benci, namun untuk hal itu anda jangan lakukan karena resikonya terlalu tinggi.

 

Keampuhan Keris Sengkelat

Keampuhan Keris Sengkelat

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin 1
● online
Admin 2
● online
Admin 1
● online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja