Beranda » Blog » Berbagai Macam Ritual Bulan Suro yang Ada di Tanah Jawa

Berbagai Macam Ritual Bulan Suro yang Ada di Tanah Jawa

Diposting pada 15 Desember 2018 oleh Pusaka Dunia / Dilihat: 297 kali

Berbagai Macam Ritual Bulan Suro yang Ada di Tanah Jawa Ritual bulan suro adalah salah satu jenis ritual yang cukup dikenal di tanah jawa. Tentu, hal tersebut sangat benar dan terbukti dengan pastinya anda mengetahui tentang ritual dengan beberapa pusaka ini. Walaupun sudah pernah mendengar, kebanyakan dari anda pasti belum mengetahui tentang apa itu ritual pada bulan suro. Sebenarnya, hal tersebut adalah hal yang sangat wajar. Tapi jika anda ingin mengetahui, berikut kami berikan berbagai macam jenis ritual ini yang sering dilakukan di pulau jawa.

Jamasan Pusaka Saat Ritual Bulan Suro

Ritual bulan suro yang pertama bernama jamasan pusaka. Sebenarnya, bisa dikatakan bahwa ini adalah jenis ritual yang paling terkenal. Untuk anda yang asing dengan namanya, ketahuilah bahwa jamasan sendiri memiliki arti memandikan atau membersihkan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa jamasan pusaka adalah ritual dimana orang yang melakukan akan membersihkan benda pusaka dari para leluhur. Tentu, benda pusaka nya pun bermacam macam mulai dari kris hingga bebatuan.

Lampah Mubeng Pada Ritual Bulan Suro

Mungkin jika dibandingkan dengan tradisi sebelumnya, lampah mubeng ini terdengar sedikit lebih awal. Itu karena, lampah mubeng adalah ritual dimana orang yang melakukannya akan berjalan sejauh 5 km. Mungkin, anda akan bertanya tanya tentang tujuan dari ritual ini. Mungkin jika membahas tentang tujuan, ritual ini terdengar sangat luar biasa. Itu karena, orang yang melakukan lampah mubeng harus berjalan 5 km sambil mengintropeksi diri.

Tapa Bisu

Mungkin dari namanya saja, anda sudah mengetahui tentang maksud dari ritual bulan suro yang satu ini. Benar, tapa bisu adalah kondisi dimana orang yang melakukan tidak boleh berbicara sama sekali. Tapi tidak berhenti sampai disitu, orang yang melakukan pun tidak boleh makan dan minum. Hebatnya lagi, orang yang melakukan tapa bisu akan terus terjaga di malam hari hingga terbit fajar. Untuk tujuannya memang sedikit mirip dengan lampah mubeng yaitu untuk intropeksi diri.

Berendam di Mata Air

Jika dilihat pada kondisi sekarang orang yang berendam di mata air saat ritual bulan suro memang terus berkembang. Mungkin, beratnya pengorbanan yang dilakukan membuat banyak orang memilih untuk tidak melakukannya. Namun sebenarnya, ritual ini memiliki makna yang cukup baik. Itu karena, orang yang sedang berendam diharuskan berdoa kepada tuhan yang maha esa. Sebagai tambahan, banyak orang mengatakan bahwa doa lebih sering dijabah saat dipanjatkan pada bulan suro.

Kirab Kebo Bule Ritual Bulan Suro di Solo

Mungkin untuk anda yang memahami, terdapat makna jelas dari ritual kirab kebo bule. Ketahuilah, maksud dari kirab ini adalah berkeliling dan kebo bule adalah kerbau yang berwarna bule atau pucat. Jadi singkatnya, orang yang melakukan kirab kebo bule akan berkeliling dengan menggunakan kerbau berwarna bule atau pucat. Namun jika dilihat, tidak sembarang orang melakukan ritual ini. Itu karena, kebanyakan orang melakukan kirab kebo bule di kota solo.

Banyak bukan jenis ritual bulan suro yang dilakukan di tanah jawa? Mungkin, ada baiknya ritual ritual tersebut terus diingat karena bagaimana pun, ini adalah warisan budaya yang tidak ternilai harganya. Untuk anda yang hendak melakukan ritual tersebut karena menginginkan suatu hal, akan lebih baik jika menggunakan jasa paranormal.

Untuk itu, sangat disarankan untuk menggunakan jasa kami. Ketahuilah, kami pusakadunia.com adalah paranormal online terpercaya yang sudah legal di Indonesia. Untuk itu, masalah anda akan lebih cepat selesai jika menggunakan jasa kami daripada terus menggantungkan diri pada ritual bulan suro.

Berbagai Macam Ritual Bulan Suro yang Ada di Tanah Jawa

Berbagai Macam Ritual Bulan Suro yang Ada di Tanah Jawa

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin 1
● online
Admin 2
● online
Admin 1
● online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja