EN
ID
  • BUKA: 24 Jam Fast Respon
  • BUKA: 24 Jam Fast Respon
  • Status Order
  • Tlp: +6281222886456
  • SMS/WA: +6285293988885
  • Line : pusakadunia
  • BBM : PUSAKA
  • Telegram: pusakadunia
  • cspusakadunia@gmail.com

Kelender 2018 Punokawan Kategori: Buku Ilmu Pengetahuan | 572 Kali Dilihat

Kelender 2018 Punokawan Reviewed by Pusaka Dunia on . This Is Article About Kelender 2018 Punokawan

Kelender 2018 Punokawan Kelender 2018 Punokawan merupakan kalender tahun 2018 dengan gambar Punokawan (Semar, Petruk, Bagong, Gareng). Kelender 2018 ini merupakan kalender yang sesuai dengan standart nasional, yakni terdapat hari libur nasional dan hari libur keagamaan. Hari Libur Nasional di dalam kalender ini sesuai dengan Keputusan Menteri Bersama dalam penanggalan.… Selengkapnya »

Rating: 5.0
    Harga:Rp 2.000Kode Produk: P7593
    Stok Tersedia
    19-11-2017
    Berat : 0.05 Kg
    Order via SMS

    +6285293988885

    Format Order SMS : KODE PRODUK # NAMA ANDA # ALAMAT
    Pemesanan Juga dapat melalui :
    Detail Produk "Kelender 2018 Punokawan"

    Kelender 2018 Punokawan

    Kelender 2018 Punokawan merupakan kalender tahun 2018 dengan gambar Punokawan (Semar, Petruk, Bagong, Gareng). Kelender 2018 ini merupakan kalender yang sesuai dengan standart nasional, yakni terdapat hari libur nasional dan hari libur keagamaan. Hari Libur Nasional di dalam kalender ini sesuai dengan Keputusan Menteri Bersama dalam penanggalan. Di dalam kalender ini juga terdapat sistem Kalender Islam dan Kalender Jawa yang lengkap dengan nama bulan, tanggal, pasaran, windu, wuku, dan pranoto mongso.

    Kelender 2018 Punokawan

    Nama Produk : Kelender 2018 Punokawan
    Ukuran : 35.2 x 26.2 centimeter
    Jumlah Halaman : 6
    Berat : 50 gram

    Stok Produk Kelender 2018 Punokawan Sangat Terbatas dan Cepat Terjual.
    Jika Berminat Dengan Produk Ini Sebutkan Pada Admin Kode Produk : P7593.

    Harga Kelender 2018 Punokawan sangat terjangkau bukan karena murahan, melainkan kami jual eceran dengan harga grosir yang terjangkau, silahkan membandingkan dengan penjual lain, Insyaallah dari segi kualitas, pelayanan, harga mahar kami yang terbaik.

    Call Center
    Pusaka Dunia / Dunia Pusaka
    PIN BBM : PUSAKA
    Telephone : +6281 222 886 456
    Sms : +6285 2939 88885
    WhatsApp : +6285 2939 88885
    Line : pusakadunia
    WeChat : pusakadunia
    Instagram : pusakadunia

    Gambar Foto Kelender 2018 Punokawan.

    Gambar Foto Produk hanya di resize dan tanpa editan sama sekali. Kami tampilkan jarak dekat sehingga anda bisa melihat tanpa ada yang di sembunyikan kekurangan dan kelebihannya. Karena bagi kami kejujuran dan kepuasan anda yang utama dan bukan mengutamakan keuntungan semata.

    Hak Cipta Gambar Foto.

    Gambar Foto Produk Kelender 2018 Punokawan merupakan foto asli dari Pusaka Dunia sehingga jika ada penjual online dengan foto yang sama tanpa ijin, dipastikan penjual tersebut telah melakukan pencurian gambar foto hak cipta Pusaka Dunia. Harap Waspada Penipuan Online, Baca Ciri Ciri Toko Online Terpercaya

    Himbauan Pembeli Kelender 2018 Punokawan.

    Mengingat kami mengutamakan kejujuran dan ingin menjalin silaturami serta kepuasan anda yang utama, sebaiknya teliti dan baca semua keterangan yang kami berikan, setelah memantapkan hati barulah anda meminang Kelender 2018 Punokawan.

    Punakawan

    Panakawan (diambil dari bahasa Jawa) atau panakawan KBBI adalah sebutan umum untuk para pengikut kesatria dalam khasanah kesusastraan Indonesia, terutama di Jawa. Pada umumnya para panakawan ditampilkan dalam pementasan wayang, baik itu wayang kulit, wayang golek, ataupun wayang orang sebagai kelompok penebar humor untuk mencairkan suasana. Namun di samping itu, para panakawan juga berperan penting sebagai penasihat nonformal kesatria yang menjadi asuhan mereka.

    Semar

    Semar adalah nama tokoh panakawan paling utama dalam pewayangan Jawa dan Sunda. Tokoh ini dikisahkan sebagai pengasuh sekaligus penasihat para kesatria dalam pementasan wairacarita Mahabharata dan Ramayana dari India. Meski demikian, nama Semar tidak ditemukan dalam naskah asli kedua wiracarita tersebut (berbahasa Sanskerta), karena tokoh ini merupakan ciptaan tulen pujangga Jawa.

    Petruk

    Petruk adalah tokoh punakawan dalam pewayangan Jawa, di pihak keturunan / trah Witaradya. Petruk tidak disebutkan dalam kitab Mahabarata dari India. Keberadaan tokoh ini dalam dunia pewayangan merupakan gubahan asli masyarakat Jawa. Di ranah Pasundan (Jawa Barat), tokoh Petruk lebih dikenal dengan nama Dawala atau Udel.

    Bagong

    Ki Lurah Bagong adalah nama salah satu tokoh punakawan dalam kisah pewayangan yang berkembang di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tokoh ini dikisahkan sebagai anak bungsu Semar. Dalam pewayangan Sunda juga terdapat tokoh panakawan yang identik dengan Bagong, yaitu Cepot atau Astrajingga. Namun bedanya, menurut versi ini, Cepot adalah anak tertua Semar. Dalam wayang banyumasan Bagong lebih dikenal dengan sebutan Bawor.

    Gareng

    Gareng adalah punakawan yang berkaki pincang. Hal ini merupakan sebuah sanepa dari sifat Gareng sebagai kawula yang selalu hati-hati dalam bertindak. Selain itu, cacat fisik Gareng yang lain adalah tangan yang ciker atau patah. Ini adalah sanepa bahwa Gareng memiliki sifat tidak suka mengambil hak milik orang lain. Diceritakan bahwa tumit kanannya terkena semacam penyakit bubul.


    Tags: , ,

    Dapatkan Update Terbaru
    Daftar newsletter