Bibit Tanaman Buah Kelengkeng Puangray Kategori: Pusaka Terjual | 1367 Kali Dilihat

Bibit Tanaman Buah Kelengkeng Puangray Reviewed by Pusaka Dunia on . This Is Article About Bibit Tanaman Buah Kelengkeng Puangray

Bibit Tanaman Buah Kelengkeng Puangray Tanaman Buah Kelengkeng Puangray sudah terkenal akan siftatnya yang genjah atau mudah berbuah tanpa perlakuan khusus. Bahkan sifat genjahnya mengalahkan kelengkeng jenis Diamond River. Bayangkan saja dalam setahun kelengkeng ini dapat berbuah tiga kali dengan periode berbunga hingga buah dapat dipanen hanya dalam 4 bulan.… Selengkapnya »

Rating: 5.0
    Harga:Rp 50.000Kode Produk: P6943
    Stok Habis
    20-10-2017
    Berat : 3 Kg
    Order via SMS

    +6285293988885

    Format Order SMS : KODE PRODUK # NAMA ANDA # ALAMAT
    Pemesanan Juga dapat melalui :
    Detail Produk "Bibit Tanaman Buah Kelengkeng Puangray"

    Bibit Tanaman Buah Kelengkeng Puangray

    Tanaman Buah Kelengkeng Puangray sudah terkenal akan siftatnya yang genjah atau mudah berbuah tanpa perlakuan khusus. Bahkan sifat genjahnya mengalahkan kelengkeng jenis Diamond River. Bayangkan saja dalam setahun kelengkeng ini dapat berbuah tiga kali dengan periode berbunga hingga buah dapat dipanen hanya dalam 4 bulan. Bukan hanya itu bibit dari kelengkeng Puangray sudah dapat berbuah di umur kurang dari satu tahun pasca sambung (bukan dari biji). Keunggulan lain kelengkeng puangray ini adalah buah yang dihasilkan memiliki daging yang tebal dengan biji relatif kecil. Selain itu, Tanaman kelengkeng puangray termasuk varietas kelengkeng puangray ini juga sangat tahan terhadap penyakit dan adaptif dengan lingkungannya.

    Bibit Kelengkeng Puangray merupakan salah satu varietas tanaman buah kelengkeng unggulan yang berasal dari Thailand. Kelengkeng Puangray merupakan kelengkeng yang dapat hidup di dataran rendah atau yang bersuhu tropis. Kelengkeng ini dikenal sangat genjah (mudah) berbuah mengalahkan kelengkeng jenis Diamond River. Kelengkeng Puangray memiliki ciri-ciri daun tua sedikit melengkung seperti daun kelengkeng Pingpong dan daun mudah berbentuk lurus dan datar seperti daun Kelengkeng Diamond River.

    Kelengkeng Puangray

    Dalam hal perawatan, tanaman kelengkeng puangray ini tidak memerlukan perawatan yang intensif dan biaya yang mahal. cukup lakukan penyiran secara teratur dan pemangkasan secara berkala dan pemupukan secukupnya. Untuk merangsang agar kelengkeng ini cepat berbuah, yaitu dengan cara pemangkasan ringan pada tangkai buah. 2 – 3 bulan setelah di pangkas, akan muncul bakal-bakal buah.

    Kelengkeng puangray dapat berbuah 3 kali dalam setahun karena waktu berbunga hingga buah panen hanya 4 bulan. Untuk menunjang agar pertumbuhan kelengkeng tetap lebat, perlu di imbangi dengan nutrisi yang cukup diantaranya dengan cara pemberina pupuk secara rutin. Setiap bulan bisa di berikan dengan pupuk NPK sesuai dengan takarannya. Tanaman kelengkeng puangray ini tidak membutuhkan fosfat dan kalium tinggi untuk merangsang pembungaannya.

    Kabar baik bagi para pecinta tanaman buah kelengkeng, sifatnya yang sangat genjah dan perawatannya yang mudah menjadikan kelengkeng puangray menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan tanaman hias tabulampot.

    Informasi Umum Bibit Tanaman Buah Kelengkeng Puangray

    • Nama : Kelengkeng Puangray
    • Nama ilmiah : Dimocarpus Iongan
    • Asal Daerah : Thailand
    • Asal Bibit : Hasil Okulasi, Sambung Pucuk
    • Rekomendasi tempat tumbuh optimal : Dataran rendah / iklim panas/ suhu 30-35°C
    • Kebutuhan sinar matahari : penyinaran sepanjang hari
    • Tipe Pertumbuhan : Pertumbuhan tegak
    • Kapan berbuah: kira-kira 1-2 tahun lagi
    • Cara Konsumsi : dapat dimakan langsung dalam kondisi segar
    • Info lain : Bibit sudah ditempel dan tinggal menunggu bibit berbunga dan berbuah.

    Mohon Perhatian : Foto tanaman buah di atas merupakan foto simple / contoh Bibit Kelengkeng Puangray. Sehingga jika anda memesan produk ini maka anda akan kami kirim bibit buah seperti di foto tersebut dengan ukuran / tinggi pohon sesuai pilihan anda.

    Bibit Tanaman Buah Kelengkeng Puangray

    • Bibit Tanaman Kelengkeng Puangray ukuran 10 sd 50 cm = Rp. 50.000
    • Bibit Tanaman Kelengkeng Puangray ukuran 50 sd 100 cm = Rp. 100.000
    • Bibit Tanaman Kelengkeng Puangray ukuran 100 sd 150 cm = Rp. 150.000
    • Bibit Tanaman Kelengkeng Puangray ukuran 150 sd 250 cm = Rp. 300.000

    Jika Pusaka Dunia mengadakan diskon, maka Bibit Tanaman Buah Kelengkeng Puangray tidak termasuk dalam daftar barang berdiskon dan harga masih sama seperti yang tercantum diatas.

    Cara Pembelian Bibit Tanaman Buah Kelengkeng Puangray

    Jika anda berminat dengan Bibit Tanaman Buah Kelengkeng Puangray, silahkan pilih dahulu ukuran / tinggi bibit tanaman. Kemudian silahkan hubungi kontak admin Pusaka Dunia dengan menyebutkan Kode Produk P6943 dan tinggi / ukuran tanaman yang akan dipesan. Demi memudahkan pelayanan saat anda memesan Produk Pusaka Dunia, harap di catat nama admin dan waktu pemesanan.

    Jam Kerja Admin Pusaka Dunia
    Pelayanan Buka 24 Jam
    Shift Kerja Pagi Jam 08.00 sd 16.00 WIB.
    Shift Kerja Siang 14.00 sd 22.00 WIB.
    Shift Kerja Malam 22.00 sd 08.00 WIB.

    Kontak Resmi Pusaka Dunia
    PIN BBM : PUSAKA
    Telephone : +6281 222 886 456
    Sms : +6285 2939 88885
    WhatsApp : +6285 2939 88885
    Line : pusakadunia
    WeChat : pusakadunia
    Instagram : pusakadunia

    Sejarah Kelengkeng Puangray

    Sejarah kelengkeng / lengkeng dapat dimulai dengan melihat awal mula buah ini ditemukan. Yaitu di pada tahun 116 sebelum Masehi, di Shanxi, China terjadi kegagalan dalam upaya penanaman buah kelengkeng/lengkeng, dan kemudian berhasil di Sichuan, China bagian barat daya. Dan 400 tahun kemudian, buah kelengkeng/lengkeng dikirim menuju Fujian untuk dikembangkan menjadi industri yang dipercaya akan menguntungkan.

    Hasilnya, penyebaran kelengkeng/lengkeng mengalami perkembangan dan menyebar dari Fujian dan Guangdong menuju ke Taiwan. Penyebaran kelengkeng/lengkeng tersebut diyakini terjadi pada ahir tahun 1800-an. Sejarah kelengkeng/lengkeng diatas telah diyakini karena telah didokumentasikan di sejarah China selama lebih dari 2.200 tahun. Juga disebutkan dalam dokumentasi tersebut bahwa kelengkeng/lengkeng pernah dijadikan makanan suguhan yang untuk Kaisar di tahun 200 sebelum Masehi, disaat kepemimpinan Dinasti Han. Buah kelengkeng/lengkeng juga memiliki sebutan lain yaitu si mata naga. Sebutan mata naga ini dipakai karena kelengkeng/lengkeng memiliki bentuk bulat, dengan biji hitan dan terang yang seolah seperti mata pada hewan yang melegenda, yaitu naga.

    Meskipun telah dikatakan demikian, terdapat versi lain dari sejarah kelengkeng/lengkeng ini. Ada yang meyakini bahwa buah kelengkeng/lengkeng ini berasal dari Myanmar dahulu, dan setelah itu baru menyebar ke China bagian selatan dan dilanjutkan menyebar ke Taiwan, kemudian ke Thailand bagian utara. Ada juga yang mengatakan bahwa di Taiwan, sebelum buah kelengkeng/lengkeng yang masuk di tahun 1800-an tersebut, terlebih dahulu sudah ada tumbuhan liar yang memiliki bentuk dan rasa yang sama dengan kelengkeng/lengkeng ini.

    Pada waktu itu, tumbuhan ini disebut dengan nama kelengkeng/lengkeng asli atau kelengkeng/lengkeng ‘Ka-la. Dengan berbagai versi sejarah diatas, setidaknya ada beberapa persamaan bahwa kelengkeng/lengkeng ini berasal dari negara-negara Asia seperti Myanmar, China dan Taiwan. Lalu, bagaimana sejarah buah kelengkeng/lengkeng di Indonesia? berikut penjelasannya.

    Sejarah Kelengkeng Di Indonesia

    Di Indonesia, kelengkeng / lengkeng diyakini berasal dari proses persebaran kelengkeng / lengkeng dari Myanmar. Secara bertahap melalui negara-negara Asia, kelengkeng / lengkeng tersebut dapat masuk ke Indonesia. Namun, ada yang menyebutkan bahwa juga terlebih dahulu telah ada tumbuhan kelengkeng / lengkeng liar yang tumbuh di Kalimantan Timur. Di Provinsi tersebut, tumbuhan kelengkeng / lengkeng liar ini memiliki sebutan buku, kakus, ihaw atau mata kucing. Dengan dua versi sejarah diatas, pembaca dapat menyakini salah satunya atau dua-duanya.

    Budidaya kelengkeng/lengkeng kemudian mulai berkembang. Pertama-tama, dataran tinggi seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi dua provinsi yang mengawali budidaya kelengkeng / lengkeng ini. Dua provinsi tersebut menjadi daerah penghasil kelengkeng/lengkeng yang paling banyak di Indonesia. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi pertanian, petani kemudian memiliki gagasan untuk mengembangkan budidaya kelengkeng / lengkeng. Hasilnya, petani dapat menumbuhkan kelengkeng / lengkeng yang mulanya hanya di dataran tinggi, menjadi di dataran rendah juga. Dengan inovasi budidaya yang diwujudkan ini, kini budidaya kelengkeng / lengkeng telah berkembang menjadi salah satu tumbuhan buah yang memiliki potensi yang bagus untukdibudidayakan.

    Manfaat Buah Kelengkeng Puangray Bagi Kesehatan

    • Anti – depresan

    Kelengkeng memberikan efek menenangkan, meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi iritasi dan mengurangi rasa lelah. Kelengkeng juga dapat mengobati insomnia dan  penyakit kelainan tidur lainnya.

    • Membantu kerja jantung dan limpa

    Dengan mengurangi stres dan kelelahan, kelengkengkeng memperingan kerja jantung dan limpa. Kelengkeng juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan stroke.

    • Mempercepat penyembuhan dan memperpanjang harapan hidup

    Bersama dengan polifenol, kelengkeng dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel.  Kelengkeng juga bisa mengurangi risiko terserang beberapa tipe kanker.

    • Melancarkan sirkulasi darah

    Ini mengapa kelengkeng bisa dimanfaatkan untuk mencegah anemia. Selain itu, kelengkeng terbukti mampu mengendalikan kadar zat besi dalam tubuh.

    • Diet

    Kelengkeng memiliki kadar lemak dan kalori yang sangat rendah. Setengah mangkuk kelengkeng hanya mengandung 35 kalori, pilihan yang tepat untuk diet.

    • Sumber Energi

    Meskipun memiliki lemak dan kalori yang rendah, kelengkeng mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memasok energi dan meningkatkan stamina.

    • Mencegah Demam dan Flu

    Banyak sekali kegunaan Vitamin C untuk menusia, termasuk meningkatkan ketahanan dan juga melindungi tubuh dari demam dan flu.

    Khasiat Buah Kelengkeng

    • Kesehatan Kulit

    Kelengkeng bagus untuk kulit karena mengandung material ¬anti-aging. Utamanya, kelengkeng mencegah kerutan kulit di dekat mata, meminimalisir kerusakan dan pengelupasan kulit serta mencerahkan warna kulit.

    • Biji Kelengkeng Dapat Mengobati Gigitan Ular

    Mengurut daerah yang digigit oleh ular dengan biji kelengkeng dapat menghisap racun sekaligus menyembuhkan lukanya.

    • Biji Kelengkeng menjaga kesehatan rambut

    Zat saponin yang dikandung biji kelengkeng adalah bahan dasar sampo yang dapat membuat rambut menjadi indah.

    • Mengatasi nafsu makan hilang, limpah lemah dan diare

    Makanlah 60 gram buah lengkeng segar, lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam.

    • Luka bakar

    Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak tung (Aleuritis fordii). Bubuhkan pada bagian yg terbakar.

    • Luka Luar Yang Tak Kunjung Sembuh

    Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak zaitun. Oleskan di daerah yang luka.

    • Mengatasi Jari Kaki Gatal Dan Bernanah

    Ambil beberapa biji lengkeng, panggang di atas api. Tumbuk sampai halus, sebarkan di bagian yang sakit.

    • Amnesia, Penurunan Mental, Kecemasan (anxiety)

    “Tonik lengkeng” (gui yan gao): 500 gram buah lengkeng segar dan 500 gram gula pasir, didihkan dalam airhingga menjadi kental. Diminum tiap hari satu sendok. Badan lemah atau memperbaiki barat badan setelah sakit. Konsumsi 250 gram buah lengkeng segar setiap hari.

    • Lemah dan Kurang Tenaga Saat Hamil

    Minumlah setiap hari satu sendok “tonik lengkeng” pada pagi dan malam hari.

    • Menyehatkan Usus

    Buah lengkeng berguna pula menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan,

    • Melancarkan Berbagai Penyakit

    melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia.

    • Peluruh Kencing dan Sirkulasi Darah

    Sedangkan akar pohon lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah.

    • Antiradang dan Peredam Demam

    Daun dari pohon lengkeng berkhasiat sebagai antiradang dan peredam demam.

    • Menghilangkan Rasa Sakit dan Menghentikan Pendarahan

    Adapun bijinya berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan.


    Tag: , , ,

    Dapatkan Update Terbaru
    Daftar newsletter