EN
ID
  • BUKA: 24 Jam Fast Respon
  • BUKA: 24 Jam Fast Respon
  • Status Order
  • Tlp: +6281222886456
  • SMS/WA: +6285293988885
  • Line : pusakadunia
  • BBM : PUSAKA
  • Telegram: pusakadunia
  • admin@pusakadunia.com

Sejarah Korek Api & Korek Api Zippo

21 September 2016 - Kategori Blog

Sejarah Awal Mula Korek Api dan Korek Api Merk Zippo.
Sejarah Penemuan Korek Api.
Korek Api memang bukan merupakan sebuah barang mewah, namun memiliki banyak manfaat dalam kehidupan. Artikel kali ini akan membahas tentang sejarah perkembangan dan juga penemu korek api yaitu Robert Boyle dan John Walker. Korek api ditemukan oleh Robert Boyle pada tahun 1680. Robert adalah seorang ahli kimkorek-api-zippoia, dan mendapat julukan sebagai bapak Ilmu Kimia Modern. Robert lahir di Lismore Castle, Country Waterford, Irlandia, pada 25 Januari 1627. Robert lahir dari pasangan bangsawan, Richard Boyle dan Catherine
Fenton. Kedua orang tuanya merupakan ilmuwan yang memiliki pengaruh tinggi yang pernah lahir di Irlandia.
Robert mulai mengadakan eksperimen pada tahun 1645, dan pada tahun 1680 ia berhasil menemukan korek api. Pada awalnya sepotong kertas ia lapisi dengan fosfor, kemudian ia menggesekkan kayu yang telah dilapisi sulfur pada kertas tersebut, sehingga muncul percikan api. Sejarah penemu korek api telah dimulai, akan tetapi belum dapat diproduksi karena belum dapat ditemukan cara memproduksi sulfur dalam jumlah yang besar, sehingga korek api belum dapat berkembang.
penemu-korek-apiKorek api kemudian ditemukan pertama kali oleh John Walker pada tahun 1826. John Walker seorang ahli kimia berkebangsaan Inggris yang lahir pada 29 Mei 1781. Walker menemukan korek api yang dinyalakan dengan cara digesek. Walker tidak sengaja menemukan korek api yang terbuat dari logam putih antimony sulfida, kemudian di campur dengan zat kimia potassium chlorate, getah pohon dan kanji. Selain bahan-bahan tersebut, ia juga menggunakan kayu dan mencampurkannya ke zat kimia tersebut.
Setelah semua tercampur, maka muncul api yang membakar kayu tersebut. Penemuan tersebut tidak dipatenkan oleh Walker, ia sengaja memamerkan penemuannya tersebut ke hadapan banyak orang. Sehingga banyak orang yang meniru penemuan Walker tersebut. Pada saat itu penjualan korek api pertama pada 7 April 1827 dari toko Walker yang menggunakan istilah Friction Lights. Walker terus melanjutkan penelitiannya, ia tidak memberikan komposisi pasti korek api temuannya tersebut kepada siapapun.
Di lingkungannya, John Walker disebut sebagai ahli botani yang banyak menghabiskan seluruh waktunya untuk mengerjakan percobaan kimianya. Dengan berjalannya waktu, penemuan serta inovasi tentang korek api telah mengalami perkembangan dan sudah semakin sempurna setelah ditemukan korek api gas. Amerika Serikat menjadi salah satu Negara pelopor pengembangan korek api gas saat itu, melalui produk korek api gas dengan merk Zippo yang masih terkenal hingga saat ini.
Saat itu korek api gas adalah korek api yang menggunakan cairan seperti butana untuk dapat menghasilkan api. Supaya menghasilkan percikan api, sehingga akan muncul api maka digunakan batu api yang digesekkan pada permukaan yang sangat kasar sehingga akan muncul api yang menyulut cairan atau gas sehingga akan terbakar. Besar kecilnya api dapat di atur, sehingga tidak akan membahayakan para penggunanya.
Penelitian korek api masih terus dilakukan oleh beberapa peneliti, sehingga korek api dapat terus berkembang dan dapat di nikmati sampai saat ini. Demikian ulasan tentang sejarah Penemu korek api yaitu Robert Boyle dan John Walker. Meskipun sekarang korek api gas lebih banyak digunakan, namun korek api dari bahan sulfur masih digunakan sampai dengan sekarang ini.

Sejarah Korek Api Merk Zippo
Pada masa sekarang korek api Zippo bukan hanya berfungsi sebagai korek api melainkan sebagai benda koleksi. Korek api zippo cukup di minati para kolektor. Zippo merupakan merek dari korek api asal Amerika dipasarkan sejak tahun 1930-an. Merek dagang Zippo menjadi salah satu ikon kualitas kerajinan tangan Amerika. Pabrik Zippo didirikan pada akhir tahun 1932 oleh George G. Blaisdell. Produk pertama mulai diluncurkan sekitar bulan Januari dan Februari 1933. Produk mula-mula dipajang di Zippo/Case Visitor Center dengan catatan kecil tulisan tangan Mr. Blaisdell. Inovasi-inovasi dari Zippo sudah dimulai sejak awal berdirinya.
Nama Zippo sendiri berasal dari kata Zipper (retsleting) diplesetkan menjadi Zippo. Zippo pertama didunia ini dijual seharga US$. 1.95 dan dijual untuk umum. Ketika Zippo pertama kali dikeluarkan, bentuknya memang sudah segi empat. Tapi bentuk sudutnya benar-benar kotak. Sedangkan kini, hampir semuanya, sedikit melengkung pada bagian pinggirnya. Bagian luarnya dibuat dari tabung braso kotak dilapis cat atau dilapisi krom. Sementara, engsel antara bagian penutup atas dan tabung bawah ada di bagian luar.
Letak engsel berpindah ke bagian dalam, pada tahun 1936. Dan setiap tahun, dekorasi serta perkembangan terjadi di sana-sini. Tahun 1935 merupakan titik penting bagi pemasaran Zippo saat diluncurkan suatu iklan khusus untuk produk Zippo. Pada 1939, lapisan luar Zippo mengandung emas 14 karat diperkenalkan kepada publik. Pada perang dunia II, Zippo menjadi korek api resmi tentara Amerika, dimana korek api ini terkenal sangat kuat dan berguna di segala medan tempur. Pada saat perang itu, Zippo dapat digunakan untuk memasak ransum tentara, menyalakan api unggun, sebagai sekering untuk memicu bahan peledak, memalu paku dan bahkan isyarat kepada sesama tentara dengan klik Zippo yang terkenal. Pada beberapa kesempatan, Zippo bahkan menyelamatkan nyawa dengan membelokkan peluru.
Korek Api Zippo tidak memerlukan bahan bakar khusus, bahkan bisa diisi dengan bensin. Bahan bakar Zippo mudah ditemukan di berbagai daerah sehingga benar benar sangat praktis untuk digunakan. Pada waktu perang dunia II ini, Zippo secara penuh mendukung keperluan tentara Amerika dan tidak membuat korek api untuk pasar umum. Namun setelah perang selesai. Zippo kembali memproduksi korek api untuk umum.
Ketika Perang Dunia II berlangsung, braso dan krom pun menjadi sulit didapat. Sehingga bahan dari baja dijadikan pilihan. Kemudian, warna cat dipilih ketika itu yaitu warna hitam. Pendistribusian Zippo model ini ditujukan pada toko-toko di kalangan militer. Akhirnya, fungsi dari korek api gas satu ini begitu populer di kalangan militer ketika Perang Dunia II berlangsung. Seorang wartawan legendaris Ernie Pyle menuliskan bahwa korek api Zippo menjadi suatu tuntutan di medan perang dan itu merupakan hal paling dirindukan oleh kalangan tentara.
korek-zippoHampir setiap saat, Zippo mengeluarkan desain-desain baru. Baik itu dari jenis bahannya pada bagian tabung maupun permainan warna. Pada tahun 1950, Zippo mencoba hal baru lagi, pembungkus dari kulit hadir di tengah-tengah penggemarnya. Dan pilihan warnanya pun variasi. Ada merah, biru, hijau, warna kulit sapi dan lainnya. Ciri lain selama tahun 1950-an, jenis Zippo keluar dengan bentuknya sedikit ramping. Sementara pada tahun 1960-an, jenis lapisan emas 14 karat pun dikeluarkan. Dan pada tahun 1969, ketika awak astronot dari NASA berhasil mendarat di bulan, maka edisi berhubungan dengan angkasa luar ini pun berkembang pesat.
Desain-desain berhubungan dengan tim suatu cabang olahraga pun mulai bermunculan. Bahkan lambang-lambang dan nuansa-nuansa dari suatu organisasi-organisai politik pun dibuat desainnya pada beberapa edisi Zippo. Semua desain ini bermunculan tanpa mengubah bentuk dasar Zippo. Variasi yang dikembangkan dari korek api ini saat ini umumnya hanyalah gambar, warna dan tekstur, sedangkan bentuk dasarnya tidak berubah. Korek api terdiri dari dua bagian dengan engsel, ketika dibuka akan berdenting keras. Desain dasar ini menjadikan Zippo salah satu rancangan dikatakan bersifat abadi. Pada tahun 2007 zippo mengeluarkan variasi baru disebut Zippo Blu, dimana bahan bakarnya adalah Butana atau sejenis gas memancarkan api biru. Jika anda ingin memilik berbagai macam Korek Api Antik dan Unik bisa melihat pada karegori Korek Api Antik Pusaka Dunia.

Dapatkan Update Terbaru
Daftar newsletter