Beranda » Blog » Khasiat Batu Permata Emerald Beryl

Khasiat Batu Permata Emerald Beryl

Diposting pada 5 September 2014 oleh Pusaka Dunia / Dilihat: 406 kali

Khasiat Batu Permata Emerald Beryl

Zamrud (Emerald Beryl)
Variasi Warna : Hijau Kebiru-biruan hingga Hijau
Kadar Transparasi : Transparan hingga Opak
Luster : Vitreous, Resinous Index Bias : 1.572 -1.600
Kadar Keras : 7.5 – 8 Skala Mohs. Berat Jenis :  2.68 – 2.80  gr/cm3
Formula Kimia : Be3(Al,Cr)2Si6O18 (Beryllium Alumunium Silicate)
Sistem Kristal : Heksagonal – Diheksagonal Dipiramidal
Tahun ditemukan : Pra Sejarah
Wilayah Penghasil : Zambia, Brazil, Zimbabwe, Madagaskar, Pakistan, India, Afganistan, Rusia.

Batu zamrud atau emerald beryl adalah anggota dari kelompok beryl. Dan warna hijau pada zamrud disebabkan oleh keberadaan kromium dan kadang-kadang vanadium di dalam gugusan molekul mineral ini. Anggota beryl yang lain yaitu; Bixbite (Merah) : Be3Al2Si6O18 + Mg, Pezzottaite (Pink Kemerah-merahan) :  Cs(Be2Li)Al2Si6O18, Morganite (Pink) : Be3Al2Si6O18 + Mn, Ghosenite (Tak Berwarna / Putih Bening) : Be3Al2Si6O18, Heliodor (Kuning/Emas) : Be3Al2Si6O18 + Fe3+ dan yang terakhir dan paling terkenal yaitu Emerald (Hijau) : Be3(Al,Cr)2Si6O18.

Kata “Emerald” berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu “Smaragdos” yang berarti “permata hijau” dan bersumber dari bahasa sansekerta “marakata” yang berarti “hijau”. Batu permata zamrud termasuk batu permata yang sudah sangat terkenal sejak zaman pra sejarah. Di zaman huno, zamrud ditambang di Mesir, Austria dan di Pakistan.

Namun seiring perkembangan zaman, tambang emerald mulai ditemukan di seluruh penjuru dunia. Mulai dari Benua Afrika (Mesir, Madagaskar, Zimbabwe, Zambia, Namibia, Somalia, Afrika Selatan, Nigeria dan Tanzania), Benua Asia (Afghanistan, Pakistan, India, China dan Rusia), Benua Eropa (Austria, Bulgaria, Finlandia, Itali, Norwegia, Polandia dan Spanyol), Benua Amerika (Brazil, Columbia, Kanada) dan Benua Australia (New South Wales, South Australia, dan Western Australia).

Batu permata zamrud sangat menawan ketika difaset kotak (emerald cut), namun zamrud dengan potongan oval cut juga tak kalah indahnya. Di dalam dunia perdagangan batu permata, batu zamrud juga sering ditemui dalam bentuk polosan atau cabhocon dan terdakang batu zamrud polosan bisa mempunyai fenomena cat’s eye.

Selain zamrud cat’s eye yang begitu langka dan mempunyai harga jual fantastis, ada juga zamrud yang tak kalah langka, yaitu zamrud trapiche. Zamrud traphice adalah zamrud yang mempunyai kotoran karbon yang berpola. Jejak-jejak karbon tersebut membentuk pola bintang / jari-jari / radial berujung enam.

Di Indonesia sendiri, nama emerald beryl tidaklah asing bagi para pecinta batu permata dan Emerald Beryl dikenal dengan Zamrud atau Permata Zamrud. Batu permata zamrud memiliki nilai jual yang tinggi di dalam dunia perdagangan batu permata. Harga zamrud berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah, dan jangan heran kalau anda menemui zamrud dengan harga puluhan juta bahkan ratusan juta. Hal ini sangatlah tidak mustahil untuk harga sebuah zamrud dengan tingkat keindahan, dan kelangkaan serta kualitas terbaik.

Banyak dari pecinta batu permata, menganggap bahwa emerald beryl yang berasal dari Columbia atau zamrud columbia lah yang mempunyai keindahan dan kualitas terbaik dan zamrud yang berasal dari negara lain adalah zamrud “jelek” yang tidak mempunyai keindahan. Perpsepsi itu muncul dan bertahan puluhan tahun, namun akhir-akhir ini banyak para pecinta gemstone yang meninggalkan persepsi tersebut. Mereka cenderung lebih menyukai zamrud dari negara lain, seperti zamrud zambia atau zamrud brazil dengan kualitas baik. Mereka sudah tidak terpaku pada “origin” namun mereka lebih cenderung menilai dari warna, kristal dan kesempurnaan potongan. Demikian artikel Khasiat Batu Permata Emerald Beryl dari PusakaDunia.Com.

Khasiat Batu Permata Emerald Beryl

Khasiat Batu Permata Emerald Beryl

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin 1
● online
Admin 2
● online
Admin 1
● online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja